Senin, 12 Maret 2018

Peneraan Elektromagnegnet Dalam Kehidupan Sehari hari



PENERAPAN ELEKTROMAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI DAN PENERAPAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK


A.    Pengertian Elektromagnet

Elektromagnet adalah sebuah perangkat magnet yang terdiri atas sebuah inti besi lunak yang dimasukkan kedalam kumparan panjang (solenoida). Inti besi yang berada di dalam kumparan berarus listrik menyebabkan inti besi tersebut menjadi sebuah magnet sehingga dapat memperkuat medan magnet yang ditimbulkannya.


Kemagnetan pada besi tersebut bersifat sementara. Inti besi tersebut akan menjadi magnet selama ada arus yang mengalir pada kumparan kawat. Akan tetapi, jika tidak ada lagi arus listrik yang mengalir pada kumparan, maka hilang juga kemagnetan pada inti besi tersebut. Jadi, elektromagnet sewaktu-waktu dapat menghasilkan dan menghilangkan kemagnetan.


Medan magnetik yang dihasilkan oleh sebuah kawat penghantar sangatlah lemah, untuk menghasilkan medan magnetik yang cukup kuat dapat digunakan kumparan berarus listrik. Kumparan bersifat sebagai magnet yang kuat ini disebut sebagai elektromagnet. Elektromagnet memiliki sifat kemagnetan sementara. Jika arus listrik diputuskan, sifat kemagnetannya segera hilang.


Mengapa kumparan berarus listrik dapat menghasilkan medan magnetik yang kuat? Kumparan berarus listrik dapat menghasilkan medan magnetik yang kuat karena setiap lilitan pada kumparan menghasilkan medan magnetikyang akan diperkuat oleh lilitan lainnya. Semakin banyak lilitan suatu kumparan, medan magnetik yang dihasilkannya semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HTML hyper text markup language

Ajeng Winanda Putri Ajeng Winanda Putri Ajeng Winanda Putri <>Ajeng Winanda Putri